Jalan Menuju Kejayaan

Dr. Eddy Berutu: Kab. Dairi Punya Modal Menjadi Terdepan

Pernyataan Dr Eddy K A Berutu dalam setiap pertemuan dengan organisasi dan masyarakat yang menetap dan merantau asal Kabupaten Dairi Sumatera Utara untuk selalu bersikap optimistis menghadapi bermacam tantangan ekonomi, patut di apreasiasi.

Pernyataan ini rasanya sejalan dengan ajakan pemerintah pusat, mengingat Kabupaten Dairi perlu mengerahkan sumber daya domestik ditengah kondisi ekonomi nasional yang masih bergelombang, secara global perekonomian nasional mengalami tekanan harga komoditas terutama minyak bumi, minyak kelapa sawit mentah (CPO), karet dan batu bara yang turun, sehingga ekonomi global mengalami perlambatan.

Akibatnya kemudian, perekonomian global turun sehingga ekspor banyak negara mengalami pressure, yang efeknya mengenai banyak negara berkembang seperti Indonesia. Dengan situasi seperti ini mengoptimalkan semua potensi domestik menjadi pilihan yang rasional, apalagi Indonesia sangat beruntung memiliki kekayaan sumber daya yang sangat besar. Namun potensi setiap daerah di Indonesia belum sepenuhnya dapat di daya gunakan dengan maksimal dan memberikan nilai lebih, inilah yang perlu secara intens mendapatkan perhatian yang lebih fokus.

Strategi pemerintah pusat yang ingin menggeser pembangunan merata ke seluruh daerah juga merupakan jawaban atas keluhan ketimpangan pembangunan yang selama ini terjadi. Supaya perekonomian Indonesia mampu tumbuh, sumber daya daerah perlu di tingkatkan dan di perkuat lalu hasilnya bisa di manfaatkan. Menurut Dr Eddy K A Berutu dalam pertemuan dengan sebagian pengurus dari Ikatan Keluarga Pakpak Dairi dan organisasi masyarakat lainnya di Jakarta, baru – baru ini, Kabupaten Dairi yang memiliki kekayaan alam punya modal yang bisa membuatnya lebih maju beberapa langkah, Dairi perlu memperkuat sektor pertanian dalam arti luas ( termasuk perkebunan ), penguatan sektor pariwisata, pengembangan industri serta perbaikan infrastruktur mulai dari desa sampai kota.

Apalagi ketika saat ini sektor pariwisata Danau Toba mulai menjadi destinasi yang menjadi perhatian pusat dan dunia, hendaknya tidak serta merta pemerintah daerah sekarang ini mengalami euforia dan melupakan kembali pentingnya perhatian strategi untuk industrilisasi dan hilirisasi kekayaan alam lainnya di Dairi. Saat ini adalah kesempatan yang tepat, ucap tegas Eddy Berutu untuk mengembangkan industri berbasis pertanian dan sumber daya alam saat berdiskusi dengan ketua umum ormas Projo Budi Arie Setiadi di kantor DPP Projo Jakarta, ini penting untuk memastikan bahwa kabupaten Dairi mampu memenuhi pasokan kebutuhan masyarakatnya sendiri, dengan kualitas yang baik dengan penguatan industrialisasi pertanian, peternakan, di harapkan ke depan dapat menjadi salah satu komoditas yang bisa di pasarkan ke luar provinsi bahkan menjadi komoditas ekspor yang di andalkan.

Selanjutnya penguatan di pusatkan ke sektor pariwisata, yang saat ini masih tertinggal jauh dari daerah – daerah lain di tanah air seperti di pulau Jawa, pariwisata adalah sektor yang cepat memberikan pemasukan juga lapangan pekerjaan, oleh karena itu upaya mendorong kedatangan turis lokal dan asing ke Dairi perlu terus di perkuat secara berkelanjutan.

Ketertinggalan ini jelas membutuhkan dukungan produk destinasi wisata yang memadai dan menarik disertai ketersediaan fasilitas dan infrastruktur pariwisata yang mendukung, mulai dari jalan raya, angkutan langsung dari bandara. Maka dari itu Kabupaten Dairi patut bersyukur karena berada dalam lingkaran Danau Toba yang masuk dalam program pengembangan 10 destinasi wisata baru, dan kewajiban semua masyarakat dan pemerintah daerah untuk membuat potensi wisata lainnya ikut menjadi terangkat. Dari beberapa penguatan sektor di atas, konsistensi pada pembangunan infrastruktur, sebagai sarana pemerataan.

Ketersediaan infrastruktur yang baik akan menjadi dasar pokok untuk pengembangan nilai tambah di sektor pertanian, peternakan dan industrialisasi, dengan begitu pergerakan ekonomi akan lebih terjamin, Dr Eddy Berutu juga mengatakan tidak kalah penting penyiapan sumber daya manusia yang lebih kompeten, bertanggung jawab dan disiplin, dirinya berharap sektor pendidikan mampu menjawab tantangan tersebut Semua ini akan menjadi permulaan peningkatan daya saing untuk menjadikan Kabupaten Dairi terdepan dan unggul di tanah air Indonesia.

Article Tags : eddyberutu, dairi
pierebarutu

Related Posts

Add new comment